Hubungan kenaikan berat badan terhadap berat bayi lahir

Disamping untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya sendiri berbagai zat gizi itu juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungannya, sebab defisiensi gizi selama kehamilan dapat memberikan efek yang merugikan ibu maupun anaknya.

Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, penulis mengadakan penelitian tentang hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo, kecamatan Gatak kabupaten Sukoharjo.

Kenaikan berat badan, ibu hamil, bayi lahir Daftar Bacaan: Pada masa itu ibu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menyambut kelahiran bayinya.

Mengakhiri kehamilan merupakan pengobatan utama untuk memutuskan melanjutkan preeklampsia menjadi eklampsia.

Yunus propinsi Bengkulu merupakan rumah sakit rujukan tertinggi di propinsi Bengkulu, dan telah melaksanakan berbagai upaya yang ditujukan guna membantu penyembuhan penderita yang datang berobat ke rumah sakit.

Perfusi darah uteroplasenta Berkurangnya perfusi darah plasenta yang terjadi akibat spasme pembuluh darah uterus merupakan penyebab utama peningkatan angka kesakitan dan kematian yang berhubungan dengan hipertensi yang diinduksikan atau diperberat oleh kehamilan.

Pada umumnya diagnosa preeklampsia didasarkan atas adanya 2 dari trias tanda utama: Yunus Propinsi Bengkulu Diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Perubahan vaskuler yang disertai dengan hipoksia pada jaringan setempat dan sekitarnya, diperkirakan menimbulkan pendarahan, nekrosis dan kelainan organ akhir lainnya yang sering dijumpai pada preeklampsia berat, dengan skema ini, penimbunan fibrin akan terjadi.

Selain itu jenis penelitian observasional analitik juga memiliki kelemahan-kelemahan, maka untuk mengatasinya bisa digunakan jenis penelitian lain yang bisa menjelaskan lebih tepat hubungan sebab akibat variable bebas dan terikat.

Tujuan khusus Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk: Sedangkan menurut Saifudin Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara antara pertambahan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di kabupaten Semarang.

Faktor Ibu a. Segera datang memeriksakan diri, bila terdapat sakit kepala, mata kabur, edema mendadak atau berat badan naik, pernafasan semakin sesak, nyeri pada epigastrium, kesadaran makin berkurang, pengeluaran urin berkurang.

HUBUNGAN ANTARA KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL ...

Lebih lanjut, angiotensin II tampaknya mempengaruhi sel endotel dengan membuatnya berkontraksi, semua faktor ini dapat menimbulkan kebocoran sel antar endotel, sehingga melalui kebocoran tersebut, unsur-unsur pembentuk darah, seperti trombosit dan fibrinogen, tertimbun pada lapisan subendotel.

Hasil studi pendahuluan di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo pada tahun bulan Januari — Juli terdapat persalinan. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode study dokumentasi dengan instrument penelitian lembar checklist yang kemudian dianalisis bivariat menggunakan uji corelasi product moment.

Bila status gizi ibu sebelum hamil dalam kondisi baik maka ibu akan melahirkan bayi yang sehat, cukup bulan dan berat badannya normal Firdaus et al, Usia Angka kejadian prematuritas tinggi pada usia ibu dibawah 20 tahun, pada multigravida yang jarak antara dua kehamilannya terlalu dekat, kejadian terendah ialah pada usia ibu antara tahun.

Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat bayi lahir.

Rumah sakit umum daerah Dr. Perubahan histology pada jaringan pembuluh darah plasenta Pada preeklampsia terdapat lesi patognomosis dalam pembuluh darah uteroplasenta.

Hepar Pada preeklampsia kadangkala dijumpai pada hasil tes faal hepar dan keutuhan hepar yang mencakup kelambatan ekskresi bromosulfoftalen dan peningkatan kadar enzim aspartat aminotransferase dalam serum. Berlawanan dengan keadaan tersebut pada keadaan hipertensi karena kehamilan, umumnya menurun hingga mendekati rentang nilai normal seperti pada wanita yang tidak hamil b.

Adjusted R square value in the model summary showed 0. Respon presor yang nyata terhadap angiotensin II, secara khusus disebabkan oleh penurunan daya respon vaskuler. Yunus propinsi Bengkulu.

Beberapa penelitian yang hampir mirip dengan penelitian ini adalah: Hasil uji korelasi Spearman diperoleh nilai p 0, yang menunjukkan bahwa korelasi antara pertambahan berat badan ibu hamil dan berat badan lahir bayi adalah tidak bermakna. Hasil uji korelasi Spearman diperoleh nilai p 0, menunjukkan korelasi antara pertambahan berat badan ibu hamil dan berat badan lahir bayi adalah tidak bermakna.

Hasil tersebut sesuai dengan hasil yang diperoleh Muwakhidah dan Zulaikah. Djamil Padang Yuliva, Ukuran antropometri ibu hamil sangat mempengaruhi berat bayi yang akan dilahirkan.

Dari hasil penelitian yang ada, masih terdapat beberapa kekurangan pada penelitian ini, di antaranya yaitu jumlah sampel yang kurang banyak, maka untuk mengurangi bias yang ada sebaiknya diperbanyak. Terisolasi sehingga tidak mendapat rangsangan suara ataupun sinar 2.

Hal tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut: Tujuan umum Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo.HUBUNGAN ANTARA PERTAMBAHAN BERAT BADAN IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN LAHIR BAYI DI KABUPATEN SEMARANG Anika Candrasari, Yusuf Alam Romadhon, Fiftin Desy Auliafadina, Arfa Bima Firizqina dan Hasmeinda Marindratama Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta [email protected]Author: Hartanti Rachman.

Berat badan lahir merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor melalui suatu proses yang berlangsung selama berada dalam kandungan. Berat bayi yang dilahirkan tergantung pada pertambahan berat ibu sewaktu mengandung, ibu yang kenaikan berat badannya selama hamil kurang akan melahirkan bayi dengan berat badan yang kurang pula.

hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan kejadian bayi berat lahir rendah (bblr) di rsud dr. moewardi surakarta.

Bayi dengan BBLR terjadi akibat kelahiran sebelum waktunya atau umur kehamilan belum mencapai sembilan bulan, bayi lahir cukup tapi pertumbuhan dalam kandungan tidak baik oleh karena itu ibu kurang gizi, kurang darah, sering sakit, banyak merokok atau bekerja berat.

Hubungan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil dengan Berat Badan Bayi Lahir Berat badan lahir merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor melalui suatu proses. Kenaikan berat badan wanita hamil selama kehamilan adalah sekitar ,5 kg agar tidak terjadi bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Untuk mencapai itu, maka kepada ibu hamil dianjurkan meningkatkan kalori yang dimakan dengan tambahan kkal/hari atau sekitar satu porsi makanan lebih banyak dari pada sebelum hamil (Soetjiningsih,).

Hubungan kenaikan berat badan terhadap berat bayi lahir
Rated 0/5 based on 49 review