Gambar gerakan senam lantai

Lakukan lompatan ke arah peti lompat atau teman yang bungkuk dengan menggunakan kaki sebagai tolakan sampai kkedua tangan gambar gerakan senam lantai bagian atas peti lompat. Sikap permulaan berdiri tegak, salah satu kaki sedikit ke depan. Mendaratlah dengan telapak kaki untuk menjaga keseimbangan saat kembali ke posisi awal.

Fungsinya hanya sebatas sebagai pengaman, bukan atribut yang dipergunakan saat berkompetisi. Cara melakukannya sebagai berikut: Unsur-Unsur Gerakan Senam Lantai Terdapat 6 unsur gerakan senam lantai yang akan kami jelaskan dibawah ini, yaitu: Lapangan untuk senam lantai itu sendiri merupakan arena dengan permukaan datar yang terbuat dari kayu dengan permukaan halus namun tidak licin berukuran 12x12 meter.

Sebelum mulai latihan, pastikan Anda berada dalam kondisi fisik yang prima karena banyak gerakan dalam senam lantai yang menuntut kekuatan tangan dan kaki sekaligus koordinasi otot-otot tubuh dan persendian.

Dalam posisi tersebut, otomatis posisi badan hingga kepala akan terangkat namun merunduk ke bawah, seperti orang sujud. Mengguling ke depan dengan mendaratkan tengkuk terlebih dahulu dan kedua kaki di lipat rapat pada dada.

Pastikan posisi jari tangan menghadap ke depan untuk menjaga keseimbangan. Posisi akhir adalah badan kembali ke posisi awal berdiri tegak. Hands Stand Cara melakukan gerakan handstand adalah sebagai berikut: Dengan gerakan awalan jongkok melakukan gerakan meloncat ke depan atas dengan tolakan dua kaki, saat melayang kedua lengan lurus ke depan.

Posisi awal adalah jongkok dengan kedua kaki rapat dan tumit sedikit diangkat. Namun ada juga senam yang tidak bisa sembarangan dilakukan oleh orang karena senam ini membutuhkan ketrampilan tubuh yang ekstrim, yakni senam artistik.

Sikap akhir jongkok terus berdiri. Ayunkan lengan ke arah depan sementara posisi tubuh tetap diluruskan dan tungkai dibuka. Penempatan tangan terlalu jauh kebelakang, tidak bisa menolak Keseimbangan tubuh kurang baik saat mengguling kebelakang, hal ini disebabkan karena sikap tubuh kurang bulat Salah satu tangan yang menumpu kurang bulat, atau bukan telapak tangan yang digunakan untuk menumpu diatas matras.

Tubuh yang lentur juga menandakan keluasan dimensi gerak. Tapi akan jauh lebih menyenangkan jika Anda mempunyai partner latihan, entah itu teman, kakak, adik atau bahkan guru Anda. Manfaat dari gerakan kayang adalah untuk meningkatkan kelentukan bahu, bukan kelentukan pinggang. Banyak sekali variasi gerakan dalam senam lantai, dari yang tingkat kesulitannya rendah, sampai yang butuh latihan bertahun-tahun untuk menguasainya.

Sikap tubuh tegak lurus, kedua kaki dibuka dengan lebar melebihi lebar bahu. Untuk menjaga keseimbangan, busurkan panggul dan punggung ke depan.

Macam Macam Senam Lantai dan Gerakannya

Sementara itu, gerakan-gerakan lainnya relatif lebih mudah dan tidak terlalu berisiko untuk dilakukan sehingga aman diperagakan bahkan oleh pesenam pemula sekalipun.

Senam lantai akan semakin menarik ketika sudah di kolaborasi atau dirangkai. Tarik maju kedua telapak kaki sehingga pantat akan terangkat ke atas, kedua tangan tetap berada di posisinya. Gerakan ini bisa dilakukan dengan baik dengan mengikuti langkah berikut ini: Anda harus banyak melakukan latihan untuk memperkuat otot-otot tangan dan kaki yang diperlukan untuk memperagakan gerakan-gerakan tersebut.

Gerakan meroda atau ratslag Dimulai dengan berdiri, kedua tangan direntangkan ke atas, telapak tangan menghadap ke atas depan, kepala tegak, kedua kaki dirapatkan. Round Off Round off adalah: Pelenturan Pelenturan dilakukan dengan tujuan untuk membuat gestur tubuh bisa menampilkan performa estetis dengan menonjolkan lengkung tubuh pada gerakan-gerakan tertentu misalnya dalam mengakhiri gerakan salto dalam kompetisi.

Gerakan - Gerakan Dalam Senam Lantai Disertai Gambar

Gerakan dasar senam lantai bertujuan untuk melatih keseimbangan, kelenturan dan kekuatan karena ketiga hal ini merupakan modal atlet untuk mengembangkan ketrampilan tubuhnya. Pada saat kedua ujung kaki menyentuh matras di belakang kepala, kedua telapak tangan menekan matras hingga tangan lurus dan kepala terangkat.

Kelenturan juga sangat penting untuk menciptakan gerakan-gerakan estetis. Sikap lilin merupakan sikap tidur terlentang kemudian kedua kaki diangkat keras di atas rapat bersama-sama, pinggang ditopang kedua tangan dan pundak tetap menempel pada lantai.

Namun demikian, senam lantai tetap memiliki bentuk-bentuk dasar yang telah ada sejak zaman klasik dan bertahan sebagai metode latihan utama dalam merangkai gerak senam lantai hingga saat ini. Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat guling kebelakang: Manfaat dari gerakan kayang adalah untuk meningkatkan kelentukan bahu,bukan kelentukan pinggang.

Ayunkan tungkai belakang ke atas, kencangkan otot perut. Selain karena alasan keamanan, matras yang baik juga diperlukan agar Anda nyaman dalam berlatih. · Senam Lantai (Flour Exercise) adalah satu bagian dari cabang Senam, yang gerakan-gerakannya dilakukan di atas lantai (Matras) atau Permadani.

Senam ini disebut juga senam bebas karena Pesenam tidak menggunakan alat bantu selain lantai (matras) dengan ukuran 12 x 12 meter atau menggunakan matras dengan lebar 1 meter dan panjang sesuai kebutuhan untuk menjaga keamanan. Senam lantai (flour exercise) adalah satu bagian dari rumpun senam, sesuai dengan denga istilah Lantai, maka gerakan-gerakan senam yang dilakukan di atas yang beralasan matras atau permadani atau sering juga disebut dengan istilah latihan bebas,sebab pada waktu melakukan gerakan atau fauguet-cousinard.com: Danang S.A.

RESENSI NOVEL “ MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH “ KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang t. · Macam-Macam Gerakan Senam Lantai Adalah sebagai berikut: 1. Guling ke depan (Forward Roll) Guling depan adalah guling yang dilakukan ke depan. Adapun langkah-langkah untuk melakukan guling ke depan: Berdiri tegak, kedua tangan lurus di samping badan.

Angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan, letakkan kedua telapak tangan di atas matras.5/5. Sebelum membahas gerakan - gerakannya perlu diketahui senam lantai ini di Indonesia secara Nasional olahraga senam dipertandingkan sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) ke VII di Surabaya pada tahun Lumayan lama umurnya di negeri tercinta fauguet-cousinard.com: Masrozakdotcom.

Senam lantai dapat dilakukan di luar ruangan walaupun lebih umum di dalam ruangan. Sebelum mulai latihan, pastikan Anda berada dalam kondisi fisik yang prima karena banyak gerakan dalam senam lantai yang menuntut kekuatan tangan dan kaki sekaligus koordinasi otot-otot tubuh dan persendian.

Gambar gerakan senam lantai
Rated 5/5 based on 90 review