Diet ketogenik untuk ibu menyusui

Istirahat cukup menjadi salah satu faktor penting dalam proses penurunan berat badan, sebab saat tubuh merasa lelah anda justru akan lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat atau gula sebagai sumber energi. Anda bisa mengkonsumsi wortel dalam keadaan mentah, dibuat bubur yang dicampur dengan susu murni rendah lemak atau dijadikan jus sebagai menu makan pagi dan makan siang anda.

Padahal, Anda diet ketogenik untuk ibu menyusui banyak cairan supaya produksi ASI jadi melimpah dan cukup untuk kebutuhan si kecil.

Bolehkah Ibu Menyusui Melakukan Diet Keto? Pahami Aturan Ini Dulu

Anda bisa menambahkan daun kemangi dalam menu makanan atau campuran teh yang diminum pada pagi hari sehingga kualitas ASI akan meningkat sekaligus menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Usahakan untuk mengkonsumsi aprikot segar dibandingkan aprikot kalengan, sebab dalam aprikot kalengan sudah ditambahkan dengan gula yang akan menghambat program penurunan berat badan anda.

Produk Kedelai Berbagai makanan dan minuman yang menggunakan bahan dasar kedelai juga sangat baik untuk dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan protein nabati. Akan lebih baik jika anda lebih banyak mengkonsumsi bayam dan juga wortel yang lebih aman dikonsumsi dan bisa diterima oleh pencernaan bayi anda.

Yogurt Yogurt yang merupakan olahan susu juga sangat penting dikonsumsi untuk ibu menyusui karena tinggi akan kandungan kalsium dan protein untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu dan bayi. Cara lain adalah dengan mengangkat bayi sebagai beban dengan cara naik dan turun sehingga otot tangan anda bisa lebih kuat sekaligus menyenangkan untuk buah hati anda.

Maka tak heran kalau Anda jadi cepat dehidrasi saat menjalani diet keto. Akan tetapi, nampaknya ini akan sedikit sulit dilakukan pada ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Telur ini sangat baik untuk dikonsumsi saat sarapan yakni dengan mencampur dua butir telur rebus yang di iris bersama dengan salad atau bisa juga dijadikan omelet untuk makan siang dan malam anda.

Asupan air putih harus lebih diperbanyak supaya kuantitas ASI bisa semakin meningkat yakni sekitar 16 gelas setiap hari. Beberapa sumber zat besi yang baik untuk di konsumsi diantaranya adalah biji labu, roti gandum utuh, kismis, biji bunga matahari, peterseli atau suplemen zat besi yang disarankan oleh dokter untuk mencegah anemia yang mengandung ferrous sulfate, ferrous citrate, ferric gluconate atau ferric sulfate yang adalah jenis jenis unsur zat besi.

23 Tips Diet Ibu Menyusui yang Aman Bagi Ibu dan Bayi

Mengkonsumsi fenugreek secara rutin akan meningkatkan produksi ASI hanya dalam seminggu sejak mengkonsumsinya. Terlebih lagi, Anda tidak bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak airseperti semangka, belimbing, tomat, atau jeruk bali untuk mengatasi dehidrasi.

Waspadai Bila Ibu Menyusui yang Ingin Melakukan Diet Keto

Kekurangan karbohidrat dari nasi, kentang, atau gandum, imbuhnya, akan berdampak tidak baik bagi usus. Terlalu banyak asupan kafein dalam ASI akan membuat kafein akhirnya menumpuk pada pencernaan bayi dibawah usia 6 bulan yang masih sangat sensitif dan akhirnya akan menimbulkan masalah.

Selain itu, kandungan DHA dalam salmon juga akan memperbaiki mood sehingga bisa mencegah depresi pasca melahirkan. Daun Kemangi Daun kemangi memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa memberikan efek menenangkan saat menyusui sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh buah hati anda.

Beberapa sumber asam folat yang baik untuk anda konsumsi diantaranya adalah sayuran hijau seperti bayam, selada, lobak hijau dan collard, asparagus atau brokoli, buah sitrus seperti jeruk bali, pepaya dan jeruk serta aneka jenis kacang, polong polongan dan juga miju miju. Kentang Kentang juga menjadi sumber makanan diet ibu menyusui yang kaya akan makronutrien atau tepung karbohidrat.

Nah, sebenarnya tidak masalah jika Anda sedikit-sedikit mengurangi asupan karbohidrat, tapi jangan sampai menghindarinya sama sekali seperti prinsip pada diet keto.

Selain itu, fenugreek juga memiliki sifat diuretik yang akan meningkatkan pencernaan anda. Lantas, apakah diet keto untuk ibu menyusui ini aman untuk ibu dan bayinya? Sayuran berwarna hijau juga kaya akan antioksidan serta rendah kandungan kalori yang baik untuk kesehatan jantung anda.

Selain air putih, cairan lain juga harus diperbanyak dalam diet ibu menyusui seperti jus, susu dan juga kaldu. Daging Sapi Tanpa Lemak Untuk mencukupi kebutuhan energi ibu menyusui, maka makanan yang tinggi akan zat besi seperti daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk dikonsumsi namun tidak akan menambah berat badan sang ibu.

Your Guide to Healthy Eating Before, During, and After Pregnancy, dan juga ahli gizi, Elizabeth Ward menjelaskan, pola makan ekstrem dalam diet keto tidak direkomendasikan bagi ibu menyusui.

Selain itu, dari sebuah penelitian membuktikan jika kurang tidur saat menyusui akan membuat anda mengkonsumsi makanan lebih banyak sekaligus memperbanyak asupan kalori ke dalam tubuh sehingga menghambat proses penurunan berat badan anda.

Sedangkan asupan kalori tinggi yang masuk ke dalam tubuh anda nantinya tidak akan menumpuk dalam tubuh, namun akan berkurang lewat proses menyusui tersebut.

Sepertiga menu makanan diet anda harus mengandung karbohidrat ini supaya bisa mencukupi kebutuhan energi, menjaga kesehatan ibu dan bayi serta meningkatkan metabolisme dan tumbuh kembang bayi.

Alih-alih memangkas karbohidrat, Anda bisa memilih jenisnya yang tepat, misalnya karbohidrat yang penuh serat seperti biji gandum utuh, roti gandum, hingga nasi merah. Sebenarnya, diet ini termasuk diet yang ekstrem karena mengharuskan penggiatnya untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sangat rendah.

Anda bisa mengkonsumsi sereal gandum utuh yang dicampur dengan buah blueberry serta susu rendah lemak sebagai menu sarapan anda sehari-hari. Blueberry adalah pilihan buah paling tepat untuk memenuhi berbagai nutrisi saat menyusui yang tidak hanya lezat, namun juga kaya akan vitamin serta mineral sekaligus memberikan jumlah karbohidrat cukup untuk meningkatkan energi tanpa harus takut mengalami obesitas.

Pasalnya, ASI mengandung tinggi lemak yang justru dibutuhkan oleh si kecil.fauguet-cousinard.com – Banyak dari para wanita yang tertarik untuk melakukan diet ketogenik atau yang biasa disebut dengan diet keto.

Apalagi bagi wanita yang baru saja melahirkan dan ingin tubuhnya kembali langsing. Minum air putih dalam jumlah cukup sangat dibutuhkan dalam segala kondisi termasuk untuk diet ibu menyusui. Asupan air putih harus lebih diperbanyak supaya kuantitas ASI bisa semakin meningkat yakni sekitar 16 gelas setiap hari.

Selain air putih, cairan lain juga harus diperbanyak dalam diet ibu menyusui seperti jus, susu dan juga kaldu.

Jika keto yang ketat untuk obesitas membatasi gram net carb, maka untuk ibu menyusui bisa mengasup antara gram net carb sehari.

Selalu awasi apakah kecukupan dari ASI ini terpenuhi. Asupan karbo bisa didapat dari sayur, kacang-kacangan, Author: Annasahmad.

Jelas saja tidak sedikit ibu menyusui yang tergoda untuk menerapkan diet keto ini. Dikutip dari Parents, hingga saat ini belum ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa diet keto dapat mengurangi jumlah ASI atau menurunkan kualitasnya. Usai mengandung selama 9 bulan dan akhirnya melalui proses melahirkan, tentunya berat badan ibu akan bertambah secara drastis sehingga banyak wanita yang mulai merencanakan program diet untuk menurunkan berat badan tersebut.

Diet ketogenik untuk ibu menyusui
Rated 0/5 based on 66 review